Praktisi Pendidikan : Banyak Guru Malas Membaca, Pengaruhi Kualitas Pendidikan

JAKARTA -- Praktisi pendidikan Indra Chrismiadji mengatakan, berdasarkan riset yang dilakukannya di sejumlah daerah masih banyak ditemukan guru-guru malas membaca. Kondisi itu mempengaruhi kualitas pendidikan Tanah Air.

"Problem utama kita memang di kualitas guru, dan itu yang sayang sekali tidak disebutkan oleh Mas Menteri," kata dia pada diskusi bertajuk evaluasi pendidikan tahun 2019 dan outlook pendidikan 2020 di Jakarta, Jumat.

Secara pribadi ia mengaku telah berkeliling Indonesia dan menemukan problem utama pendidikan di Indonesia. Probelm tersebut yakni tingkat membaca guru yang masih rendah bahkan tidak suka.
Baca juga : Tunjangan Profesi Guru Bagi Lulusan PPG 2019 Mulai Dihitung Januari 2020
"Saya ngasih pelatihan dari Aceh, Papua, NTT, NTB, Natuna, Sulawesi, Maluku Utara dan lainnya, saya ketemu dengan guru-guru dan mengambil kesimpulan memang kemampuan baca mereka sangat rendah," katanya.

Bahkan, jelas dia, rendahnya tingkat membaca tenaga pendidik itu tidak hanya di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T) namun juga terjadi di Ibu Kota Jakarta. Oleh karena itu, persoalan tersebut perlu diselesaikan pemerintah sesegera mungkin.

Bahkan, hal itu diperkuat kajian internasional melalui riset Bank Dunia menemukan bahwa kesejahteraan guru Indonesia tidak berdampak pada kualitas mengajar seorang guru.

Seharusnya, jelas dia, dengan adanya anggaran tambahan oleh pemerintah bagi guru, maka diharapkan mereka lebih rajin, inovatif, kreatif dalam mentransformasikan pengetahuan kepada peserta didik. (rol, 27/12)
Praktisi Pendidikan : Banyak Guru Malas Membaca, Pengaruhi Kualitas Pendidikan
ILUSTRASI GURU MEMBACA
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+