SIAP-SIAP! Ini Program Pelatihan yang Disiapkan KemenPAN-RB untuk Seluruh PNS

Kabar terbaru bagi para abdi negara khususnya yang masih GAPTEK, pemerintah bakal menyelenggarakan beberapa program pelatihan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun program-program pelatihan bagi semua pegawai negeri sipil (PNS). Baca juga : Menurut MenPAN-RB, Mayoritas PNS Hanya Mampu Jadi Juru Ketik

Program pelatihan tersebut nantinya akan difokuskan pada peningkatan kemampuan PNS di bidang teknologi informasi dalam jaringan.

"Kami berdayakan semua program pelatihan termasuk Lembaga Administrasi Negara. Termasuk latihan IT, karena semua sekarang berbasis IT. Jangan sampai ada PNS yang tidak tahu soal IT," ujar Asman saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2016).

Asman menuturkan, seluruh PNS harus memiliki keahlian khusus tidak sekadar kemampuan administratif. Oleh sebab itu, dia berencana menerapkan program pelatihan tersebut secara teratur dan berkesinambungan.

"PNS itu kan harus punya kemampuan khusus. Untuk mencapai kemampuan khusus itu, harus ada pelatihan. Mungkin nanti ada kursus tiga bulan atau enam bulan secara reguler. Kami tingkatkan terus kemampuannya," katanya.
Kabar Lain : Heboh Video Bocah SD Berani Lawan Ibu Gurunya
Asman mengakui rendahnya kemampuan PNS menjadi tantangan yang harus dihadapi. Saat memberikan pengarahan kepada pejabat eselon I sampai III Kementerian Dalam Negeri pada Selasa (18/10/2016) lalu, Asman mengatakan bahwa aparatur sipil negara (ASN) Indonesia didominasi oleh mereka yang berkemampuan administratif.

Mereka yang punya kemampuan terbatas itu, ujar Asman, tidak tahu harus berbuat apa setelah sampai di kantor. Asman menuturkan, jumlah ASN berkompetensi rendah yang relatif banyak ini sangat merugikan negara. Padahal, tambah Asman, jika jumlah sebesar itu bisa berdaya dan punya kapasitas mumpuni untuk membangun negara, pemerintah tidak perlu menambah ASN. "Sebanyak 64 persen kompetensi ASN kemampuannya hanya juru ketik. Bagaimana negara bisa maju," kata Asman.

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2016/10/21/15504841/menpan.rb.jangan.sampai.ada.pns.yang.gaptek.
Siap-siap! Ini Program Pelatihan yang Disiapkan KemenPAN-RB untuk Seluruh PNS
Menteri Asman Abnur
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+