TERBARU... Penjelasan Langsung Presiden Jokowi Terkait Pelaksanaan Full Day School

Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan sinyal persetujuan untuk menerapkan sistem tersebut. Hanya, sistem FDS tidak akan langsung diterapkan ke semua sekolah se-Indonesia. Pemerintah baru akan ujicoba di beberapa tempat. Baca juga : 6 Instruksi Presiden Kepada Mendikbud yang Harus Dilaksanakan

Di sela kunjungan ke Pondok Pesantren Modern Gontor kemarin (19/9), Presiden Jokowi menyampaikan bahwa FDS merupakan penerjemahan dari instruksinya kepada Mendikbud. ’’Pendidikan terutama di SD dan SMP diberikan persentase yang lebih tinggi untuk pendidikan etika, budi pekerti, dan sopan santun,’’ujar Jokowi.

Konsep FDS itu saat ini masih dimatangkan di Kemendikbud. Namun, nanti juga tidak akan langsung diterapkan menyeluruh. ’’Masih dicoba di satu, dua, tiga, empat provinsi terpilih,’’ lanjutnya. Khususnya, sekolah di kawasan perkotaan, dan terutama bagi sekolah yang sudah siap.

Diharapkan, dengan adanya FDS, nilai-nilai khas Indonesia bisa ditanamkan sejak dini. Terutama, untuk usia TK, SD, dan SMP. Tidak seperti saat ini, di mana nilai-nilai etika mulai luntur. Contoh sederhana ada di media sosial, yang dijadikan ajang saling hujat dan ejek.

Pemerintah, tutur Jokowi, ingin agar etika dan sopan santun betul-betul diterapkan dalam kurikulum nasional. bisa dirupakan ekstrakurikuler, atau juga bisa masuk ke materi akademis. Disinggung mengenai pelaksanaan uji coba FDS, Presiden tidak menjelaskan lebih lanjut. ’’Nanti teknisnya tanya Kemendikbud. Saya kira sudah siap,’’ tambahnya.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/09/20/468493/Presiden-Jokowi-Sudah-Merestui
TERBARU... Penjelasan Langsung Presiden Jokowi Terkait Pelaksanaan Full Day School
Presiden Jokowi Restui Pelaksanaan Full Day School
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+