Menteri Yuddy Minta Jangan Emosi Respon Rasionalisasi PNS

Kabar terkait rasionalisasi PNS hingga sejuta pegawai cukup membuat banyak komentar terkait kinerja KemenPAN-RB. Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi meminta seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk memahami rencana rasionalisasi pegawai secara rasional, bukan emosional. Baca juga Surat Buat MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi dari Guru Honorer

"Pemerintahan ini dibangun dengan rasionalitas, tentu menentukan kebutuhan pegawai pun harus rasional. Perhatikan kapasitas anggaran masing-masing. Masa anggaran belanja pegawai jauh lebih besar dari belanja publik? Pemerintahan ada untuk menyejahterakan publik. Pegawai itu alatnya, bagaimana roda pemerintahan bisa dijalankan," kata Yuddy, Kamis (17/3).

Saat ini menurut Yuddy, ada sekira 244 kabupaten/kota yang komposisi belanja aparatur pada APBD-nya di atas 50 persen. Hal tersebut merupakan fenomena pemerintahan yang kurang rasional, harusnya sebagian besar APBD dialokasikan untuk belanja publik.

"Karena itu harus ada rasionalisasi pegawai. Diawali audit organisasi, dilanjutkan pemetaan pegawai, serta nantinya berujung pada pengurangan pegawai secara proporsional sesuai dengan kondisi objektif masing-masing," ungkap Yuddy.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2016/03/17/364056/Menteri-Yuddy-Minta-Jangan-Emosi-Respon-Rasionalisasi-PNS-
Menteri Yuddy, Jangan Emosi Respon Rasionalisasi PNS
Menteri Yuddy Chrisnandi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+