Heboh! Tulisan Afi Nihaya Siswi SMA yang Terkenal Kritis Diduga Hasil Plagiarisme

Kabar Heboh aksi plagiarisme yang merupakan kejahatan di dunia akademisi menjadi perbincangan netizen. Adalah Asa Firda Inayah atau lebih beken dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, membuat kegemparan di Indonesia dalam waktu beberapa pekan terakhir.
Baca juga : Curhat Afi Soal Hukuman Guru Hebohkan Netizen, Begini Isi Lengkapnya
Berkat serial tulisannya di media sosial, Afi kekinian menjadi terkenal. Ia kerapkali diundang memberikan orasi kebudayaan, diskusi off air, dialog di stasiun televisi, dan diundang banyak para pembesar negara.

Benarkah AFI Plagiarisme?

Tuduhan tersebut, persisnya dialamatkan untuk tulisan Afi yang berjudul "Belas Kasih Dalam Agama Kita", yang dipublikasikan memakai namanya di Facebook (25/5/2017), dan juga dipublis detikcom dengan judul "Pezina yang Diampuni: Belas Kasih dalam Islam" pada 29 Mei 2017.
(https://news.detik.com/kolom/d-3514171/pezina-yang-diampuni-belas-kasih-dalam-islam)

Ternyata diketahui artikel Afi itu copy paste dari tulisan Mita Handayani (konon kabarnya aktivis pendukung LGBT) dengan judul "AGAMA KASIH" yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016 dengan perbedanan pada tanda baca penulisan, pemenggalan kalimat/paragraf dan judul yang diganti. Tambahan lain pada akhir paragraf dan ternyata juga saduran dari kalimat yang diucapkan Malala Yousafzai, gadis Pakistan peraih Nobel itu.

Bahkan, apa yang dilakukan Afi ini kelewat berani, karena di bawah judul tulisannya ia mencantumkan logo copyright dengan simbol © sebelum menulis namanya yang dapat diartikan bahwa ia adalah pemilik dan pemegang hak atas karya tulis tersebut.

JEJAK DIGITAL

Tulisan "Agama Kasih" yang awalnya diposting Mita Handayani pada 30 Juni 2016 sekarang tidak lagi bisa ditemukan publik. Ada yang menyebutkan disetting ke privasi "friend" bukan setting public, sehingga wajar jika tidak berteman dengan Mita Handayani tidak bisa melihat postingan Mita Handayani. Ada juga yang mengatakan tulisan "Agama Kasih" sudah dihapus Mita Handayani untuk menutup jejak.

Saat dikonfirmasi atas tulisan AFI "Belas Kasih Dalam Agama Kita" yang lagi heboh atas tudingan PLAGIAT, Willy Liu menegaskan "(itu) Tulisannya Mita Handayani, Dengan penambahan (edit) sedikit diakhir."

Lalu, bagaimana detail link dan capture yang menunjukkan adanya dugaan plagiarisme oleh Afi Nihaya? Silakan buka sumber berita ini di : PORTAL ISLAM
Heboh! Tulisan Afi Nihaya Siswi SMA yang Terkenal Kritis Diduga Hasil Plagiarisme
Gambar Portal-Islam.Id
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+