AFI NIHAYA : Copas Tulisan Orang Adalah Perbuatan Rendah

Viral Afi Nihaya Paradisa dengan tulisan-tulisannya terus mengalir, setelah mengelak tuduhan lakukan plagiarisme saat diwawancarai sebuah stasiun TV. Afi Nihaya terkenal sebagai siswi kritis yang tulisannya banyak menjadi trending di MEDSOS. Dan, Afi sebelumnya pernah menulis tentang apa itu copas (Lihat : https://www.facebook.com/afinihaya/posts/783546475137946). Baca juga : Tanggapan Tulisan Afi Soal Warisan "Jangan Merasa Jadi Tuhan"

Berikut Ulasan Afi Nihaya Soal Copas itu Perbuatan Rendah di Akun Facebooknya

Afi Nihaya mengatakan, "Ketika kau mengopas tulisan seseorang, sesungguhnya kau tidak menghargai si penulis asli, karena sekali lagi, menulis itu tidak segampang yang kau bayangkan."

Afi Nihaya mengatakan, "Dalam bahasa sederhana, plagiarisme atau yang banyak disebut sebagai plagiat adalah menyalin karya tulisan orang lain baik sebagian atau seluruhnya dengan tanpa mencantumkan sumber. Sederhananya, plagiat itu mengopas tulisan orang. Sedikit atau banyak."

Afi Nihaya mengatakan, "Jadi, ketika kau mengopas tulisan yang sejatinya milik orang, kau mungkin akan menuai sanjung puji, tapi kau tidak akan berkembang karena ada begitu banyak proses yang tak kau hargai.
Kau akan merasa cukup mendapatkan 'nama' pada tulisannya saja, tapi kau tak akan tahu bagaimana ia bisa menulis sedemikian rupa.
Berapa tahun masa latihannya.
Berapa ratus buku yang telah ia baca.
Kau peduli dengan itu semua? Tidak, karena kau hanya berburu tepuk tangan, kau hanya ingin terlihat hebat bukan hebat sungguhan."

Afi menegaskan perbuatan copas tanpa mencamtumkan sumber/penulis asli ADALAH PERBUATAN RENDAH. "Kalau memang tulisan-tulisan saya hasil copas, tunjukkan saya copas dari mana, Pak dan Bu. Saya akan bertanggung jawab atas semua itu! Saya tahu rasanya jika tulisan saya sendiri dicopas, mengapa saya hendak melakukan hal yang sama rendahnya? Di google banyak web dan aplikasi pendeteksi plagiarisme, silahkan telusuri, jangan hanya beropini."
AFI NIHAYA : Copas Sedikit atau Banyak Adalah Perbuatan Rendah
Afi Nihaya Saat Bertemu Presiden Jokowi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+