7 Kriteria Siswa Kreatif, Cerdas dan Sukses Masa Depannya

Kabar yang membanggakan bagi seorang guru ketika mendengar siswa-siswinya ada yang berprestasi baik itu di bidang akademik maupun lainnya. Siswa yang memiliki prestasi gemilang umumnya didasari oleh kecerdasan dalam dirinya yang seimbang dan sesuai porsinya. Saat dewasa pun siswa cerdas tersebut dapat memanfaatkan berbagai peluang untuk meraih sukses dalam kehidupannya. Catat juga: 6 Tips Sederhana untuk Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Sejak Dini

Banyak indikasi yang menunjukkan tiigkat kecerdasan seorang siswa, namun masih banyak orang tua dan guru yang kurang memperhatikannya. Alhasil, seiring berjalan waktu kemampuan siswa tersebut terdegradasi oleh aturan, budaya lingkungan dan doktrin-doktrin orang dewasa di sekitar hidupnya.

Berikut 7 Ciri-ciri atau Kriteria Siswa yang Memiliki Tingkat Kecerdasan di Atas Rata-rata Teman Sebayanya.

1. Rajin Belajar
Siswa cerdas tidak terpaku pada jadwal khusus untuk belajar, ia cenderung memanfaatkan segala kesempatan / waktu luang untuk belajar dan berlatih termasuk hari-hari libur atau saat masa liburan datang.

2. Gemar Membaca
Siswa yang hobi membaca akan memiliki wawasan keilmuwan yang lebih luas. Tidak hanya buku pelajaran yang dikonsumsinya, berbagai jenis mulai dari buku pengembangan diri, majalah, koran, dan media lain yang memiliki unsur ilmu pengetahuan akan menjadi incarannya.

3. Serba Bisa
Biasanya siswa yang cerdas memiliki kemampuan diberbagai bidang, kemampuannya tidak hanya menonjol pada satu cabang / bidang studi keilmuan dan bakat. Karena hakikatnya berbagai cabang keilmuan memiliki keterkaitan antara satu dan lainnya.

4. Banyak Tanya
Bagi bapak ibu pendidik yang menemukan siswa di kelas sering bertanya, harap diberi perhatian tambahan. Karena keberaniannya untuk bertanya pada guru, orang tua dan siapapun yang ada di sekitarnya adalah proses dirinya menemukan jawaban atas permasalahan yang dihadapinya. Sehingga wawasannya akan terus bertambah seiring jawaban atau ilmu yang diperolehnya dari hasil dia bertanya.
Kabar lainnya : Info Lomba Menulis Resmi Kemdikbud Tentang Peran Pendidikan Keluarga
5. Kritis dan Analisis
Siswa yang berpikir kritis dan analistis terhadap pembelajaran atau informasi yang diterima, sering mempertimbangkan dan membandingkan satu hal dengan hal yang lain. Ia akan mencoba mencari benang merah yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan dari setiap hal baru yang diperolehnya.

6. Proaktif
Siswa cerdas memiliki rasa sensitif yang lebih tinggi atas hal-hal yang tidak sesuai dengan apa yang ada dalam benaknya. Ia akan beraktifitas mandiri (proaktif), tanpa menunggu perintah dari siapapun. Biasanya apabila diberi tugas selalu beres dikerjakan apalagi itu sudah menjadi kewajiban dirinya sebagai siswa.

7. Sosialis
Terbuka pada teman sejawat, kemudian gemar sharing baik itu terkait ilmu pengetahuan atau isu-isu kekinian yang ia ketahui. Siswa cerdas dan kreatif juga menerima kritikan dan saran dari siapa pun karena baginya itu semua dapat menambah serta memperbaiki apapun yang ada pada dirinya.

Demikian Kriteria Siswa Cerdas dan Kreatif yang Biasanya Memiliki Masa Depan Sukses ditinjau dari perspektif umum. Silakan ditambah atau dikurangi sekiranya kurang berkenan. Semoga bermanfaat!!!
7 Kriteria Siswa Kreatif, Cerdas dan Sukses Masa Depannya
Ilustrasi Anak Cerdas (Dok. Pribadi)
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+