PENTING... Ini Penyebab Minat Baca Siswa Menurun

Kabar perkembangan teknologi tidak selamanya memberi dampak positif, salah satunya menjamurnya layanan hiburan dan aplikasi internet. Fakta yang sering ditemukan di kalangan pelajar yang kecanduan media online mengurangi minat dan semangat belajarnya. Contohnya game online sangat signifikan memberi dampak terhadap minat belajar dan membaca siswa hampir merata di seluruh Indonesia. Baca juga Bahaya Game Online Bagi Anak, Ini Solusi Pencegahannya

Berikut Berita Minat Baca Siswa Menurun Akibat Beberapa Hal Termasuk Game Online

Dinas Pendidikan Kota Jayapura di Papua menyampaikan keprihatinan atas kondisi minat baca umumnya kalangan pelajar di daerah ini yang makin menurun. Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jayapura, Papua, I Wayan Mudiyasah, minat baca pada semua jenjang pendidikan di daerah ini semakin menurun. "Minat membaca bagi peserta didik untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sangat mengkhawatirkan," kata Wayan Selasa (16/2).
Kabar PENTING lainnya: Guru Tegas Menolak LGBT, Ini Alasannya dan Solusi yang Disiapkan
Menurut dia, hal itu disebabkan beberapa faktor penyebab gairah membaca para peserta didik rendah, di antaranya kurang perhatian orang tua dan pengaruh lingkungan. "Faktor yang paling mendasar itu kurang perhatian orang tua dan berikutnya adalah pengaruh lingkungan," ujarnya lagi.

Selain itu, menurut dia, perkembangan teknologi yang semakin canggih juga ikut memengaruhi minat baca para peserta didik. Menurut dia, kini banyak peserta didik lebih memilih lari ke internet untuk mencari permainan-permainan atau game online dibandingkan mencari sumber-sumber referensi untuk dibaca.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/16/02/16/o2m8xm384-minat-baca-pelajar-jayapura-menurun
PENTING... Ini Penyebab Minat Baca Siswa Menurun
Ilustrasi
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+