Penyebab KH. Hasyim Muzadi Menolak Hasil Muktamar NU Jombang Tahun 2015

Kabar hangat dari gelaran Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-33 yang telah selesai dilaksanakan di Jombang beberapa hari yang lalu. Tokoh NU asal Kota Malang yakni KH Hasyim Muzadi, mantan Ketua Tanfidiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menolak hasil muktamar Jombang. Baca juga Dasar MUI Keluarkan Fatwa BPJS Kesehatan Haram Hukumnya

Menurut Kyai Hasyim, Muktamar Jombang yang menghasilkan Ketua Tanfidiyah KH Said Aqil Sirodj dan Rois Am KH Ma'ruf Amin dinilai tidak sesuai aturan. "Kalau konsep yang dihasilkan muktamar mungkin menerima, tapi kalau pemimpin yang dihasilkan dari muktamar ini saya menolak," kata KH Hasyim Muzadi dalam konfrensi pers.

Beberapa Hal Penyebab KH. Hasyim Muzadi Menolak Hasil Muktamar NU

Pria yang dalam muktamar Jombang mencalonkan diri sebagai Rois Am ini menambahkan, ada sejumlah hal yang ditabrak oleh Muktamar Jombang. Salah satunya adalah tidak memenuhi kuorum-nya pemilihan ketua tanfidiyah yang menghasilkan KH Said Aqil Sirodj sebagai pemenang.

Kiai Hasyim berkesimpulan kalau forum pemilihan yang dilaksanakan di Alun-Alun Jombang ini karena pada waktu bersamaan, dirinya dengan Calon Ketua Tanfidiyah yang lain yakni KH Sholahudin Wahid mengumpulkan pimpinan NU dari wilayah dan cabang di Pesantren Tebuireng.

Selain itu, menurut dia Muktamar NU di Jombang juga sudah tidak sehat. Salah satunya adalah sifat semena-mena panitia kepada muktamirin atau peserta muktamar. "Dalam proses LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban), tidak ada pandangan umum dari cabang-cabang," kata dia.
Penting, Simak Ketetapan MenPAN-RB Terkait Besaran Tunjangan Kinerja PNS
Ketua Tanfidiyah PCNU Kota Malang KH Dr. Isroqunnajah M.Ag berharap, polemik yang terjadi di NU tidak sampai berlarut-larut. Terkait kondisi Muktamar, pria yang akrab disapa Gus Is ini membenarkan sejumlah hal yang dinyatakan oleh Kiai Hasyim Muzadi. "Semisal perlakuan diskriminasi terhadap yang setuju sistem Ahwa (Ahlul Halli wal Aqdi)," tambahnya. Read more at http://www.jpnn.com/read/2015/08/07/319147/Kiai-Hasyim-Tolak-Hasil-Muktamar-NU-Jombang-/
Penjelasan KH. Hasyim Muzadi Menolak Hasil Muktamar NU
KH. Hasyim Muzadi by wikipedia.org
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+