Contoh RPL PPGJ Tahun 2015, Sebagai Syarat Wajib Sertifikasi Guru

Kabar bagi rekan guru yang akan menghadapi sertifikasi harus memperhatikan dan menyiapkan RPL PPGJ Tahun 2015 agar sukses dan lancar. Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) merupakan syarat wajib untuk sertifikasi guru jalur PPGJ 2015. Sebelumnya, Inilah Berkas yang Harus Dibawa Peserta PLPG Tahun 2015

Ada tujuh komponen RPL yang harus disiapkan guru dan salah satunya adalah Deskripsi Diri, yang berupa uraian tentang kebanggaan seorang guru semasa pengabdiannya. Artinya, guru tersebut dapat mendeskripsikan dirinya sebagai motivator, inspirator, fasilitator dan menumbuhkan rasa keingin-tahuan (curiosity). Baca Juga Surat Edaran Tentang Jadwal Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik (e-PUPNS) Tahun 2015

1. Pengembangan Kualitas Pembelajaran
  • Usaha Kreatif.
Para siswa di kelas saya banyak yang tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pelajaran yang mereka terima tidak dipahami dengan baik karena kurangnya semangat yang dimiliki siswa. Saya berusaha memotivasi mereka dengan memberikan reward atau hadiah kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan atau ulangan harian dengan baik. Reward tidak selalu berupa barang, tapi ucapan juga menjadi reward. Setiap siswa diberi reward berupa bintang dan ditempel di depan kelas, semakin banyak reward yang diperoleh, maka di akhir semester siswa akan mendapatkan hadiah berupa barang dari guru......
  • Dampak Instruksional
Usaha saya untuk memotivasi siswa juga mengubah sikap siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar, ulangan harian mengalami peningkatan nilai, dan pekerjaan rumah juga dilakukan dengan baik......
  • Kedisiplinan
Saya selalu berkomitmen untuk selalu melaksanakan tugas sebagai guru maupun fungsional. Sebagai guru saya selalu berusaha memberikan materi yang mudah dimengerti siswa dan saya juga memberikan contoh pada siswa untuk datang ke sekolah tepat waktu. Dalam hal fungsional saya selalu berusaha menjalankan dan membuat keputusan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Keterbukaan terhadap saran dan kritik
Manusia yang tidak akan berkembang adalah manusia yang tidak menerima saran dan kritik. Saya berusaha berkembang dengan memperhatikan saran dan kritik yang diberikan oleh teman sesama guru atau kepala sekolah kemudian saya akan mengubah sikap.....

2. Pengembangan Institusi Sekolah
  • Penyusunan EDS
Di sekolah kami ada banyak fasilitas yang tidak terpakai contohnya komputer dan proyektor (LCD). Meskipun saya bukan seorang yang pandai mengoperasikan komputer atau LCD saya berusaha untuk belajar mengoperasikannya dan menyampaikan materi di kelas dengan LCD....dan seterusnya.
  • Keterlibatan dalam RKAS
Mulai tahun 2011-2014 saya dipercaya menjadi bendahara BOS.....dan seterusnya.
  • Kegiatan Ekstra Kurikulum
Kegiatan ekstra kurikulum yang ditugaskan pada saya adalah sebagai guru les di luar jam sekolah, penyusun kisi-kisi dan soal ujian, dan pengawas ujian...dan seterusnya.

3. Pengembangan Kegiatan Kesiswaan
  • Peran Guru terhadap kegiatan kesiswaan
Peran saya dalam kegiatan kesiswaan seperti melatih siswa mengikuti kegiatan dalam rangka merayakan HUT RI...dan seterusnya.
  • Interaksi dengan siswa
Guru bukan hanya mentransfer ilmunya tapi juga sikap yang akan ditiru oleh siswa...dan seterusnya.
  • Manfaat kegiatan
Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan dampak positif pada jiwa dan tubuh siswa....dan seterusnya.
Informasi Lengkap Seputar Sertifikasi Guru Tahun 2015
Info Sertifikasi Guru Tahun 2015
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+