Begini Tahapan Pengangkatan Honorer K2 Jadi CPNS yang Dianggap Sulit dan Rumit

Kabar gembira terkait rencana pemerintah mengangkat seluruh honorer K2 menjadi CPNS nampaknya harus diperhatikan dan dikawal dengan serius. Pasalnya ada banyak tahapan yang yang harus dilakukan para honorer kategori dua (K2) untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Baca juga Berita Resmi Menteri Yuddy Memutuskan Angkat Seluruh Honorer K2 Jadi CPNS Tanpa Tes.

Menurut mantan Sekretaris Jenderal Forum Honorer Indonesia (Sekjen FHI) Eko Imam Suryanto,M.Psi, mekanisme pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS cukup rumit. Setidaknya ada tiga tahapan yang berpotensi membuat kisruh proses pengangkatan honorer K2. Sebagai tambahan, simak Mekanisme Pengangkatan Honorer K2 Jadi CPNS Menurut Menteri Yuddy

Inilah 3 Tahapan Pengangkatan Honorer K2 Jadi CPNS yang Dianggap Sulit dan Rumit Menurut Sekretaris Jenderal Forum Honorer Indonesia

Pertama, terkait payung hukum.
Diperlukan payung hukum yang baru untuk penyelesaian masalah honorer K2 ini, karena masa berlakunya PP No 56  Tahun 2012 tentang pengangkatan honorer sudah berakhir di tahun 2014.

Kedua, terkait masalah seleksi administrasi dan verifikasi data honorer K2.
Ditegaskan, verifikasi ini penting untuk memastikan tidak ada honorer K2 bodong yang ikut diusulkan pengangkatannya. Agar proses verifikasi oleh pemda tidak diwarnai permainan, organisasi lain, seperti PGRI dan Organisasi Honorer, ikut dilibatkan.

"Dalam hal ini saya menyarankan agar Organanisasi Honorer di tingkat daerah untuk lebih proaktif dan berani dalam mengawal kegiatan seleksi administrasi dan verifikasi ini. Karena di sinilah kunci awal semuanya," ujar Eko, mantan pentolan honorer K2 yang kini sudah menjadi PNS di salah satu SMP Negeri di Medan.
Begini Tahapan Pengangkatan Honorer K2 Jadi CPNS yang Dianggap Sulit dan Rumit
Demo Pengangkatan Honorer

Ketiga, terkait keharusan adanya syarat Pengajuan Formasi Jabatan oleh kepala daerah sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Ini adalah tahapan yang menjadi bagian yang cukup sulit bagi kawan-kawan honorer.
Sumber : http://www.jpnn.com/read/2015/09/19/327525/Tahapan-Honorer-K2-jadi-CPNS-Cukup-Rumit- 

Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+