Subhanallah... NASA Temukan Air Asin di Planet Mars, Ini Buktinya!

Kabar dari Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, mengatakan bahwa terdapat air cair yang mengalir di Planet Mars yang mendorong terobosan potensi kehidupan lain di luar Bumi. NASA menduga, air asin itu berasal dari lapisan es yang mencair. Tapi, bisa jadi air mengalir tersebut berasal dari lapisan garam di permukaan Mars yang mencair. Lihat juga Planet Temuan NASA yang Mirip Bumi Karena Memiliki Atmosfer, Air dan Gunung Api.

"Keberadaan air cair, bahkan jika itu air asin yang sangat asin, memberi kemungkinan bahwa jika ada kehidupan di Mars, kita memiliki cara untuk menggambarkan bagaimana bertahan hidup," kata John Grunsfeld, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains di NASA.

Inilah Bukti NASA Temukan Air Asin di Planet Mars yang Memungkinkan Adanya Makhluk Hidup

Kesimpulan penelitian keberadaan air cair di Mars didasarkan atas analisis foto resolusi tinggi dari Mars Reconnaissance Rover yang sengaja dirancang untuk meneliti Mars. Dari foto itu, dapat diketahui bahwa garis-garis gelap musiman di permukaan Mars, merupakan hasil dari kumpulan air asin yang mengalir secara berkala di permukaan planet.

Direktur Ilmu Planet NASA, Jim Green mengatakan, temuan baru menempatkan NASA pada posisi sempurna untuk mencari kehidupan lain. “Kami belum bisa menjawab pertanyaan, apakah ada kehidupan di luar Bumi? Tapi, setelah ada air sebagai elemen penting, kami sekarang memiliki, dan saya pikir, ada kesempatan besar untuk berada di lokasi yang tepat di Mars untuk menyelidiki itu.” Kata Green.

Kandungan garam pada air ini amat penting karena tanpa adanya unsur tersebut, maka air akan membeku di planet merah itu yang diketahui punya suhu dingin menusuk tulang. Masih belum jelas dari mana air cair ini berasal. Teori yang saat ini digunakan antara lain mengatakan air mencair dari permukaan es atau air berasal dari atmosfer Mars yang tipis.

Temuan para peneliti ini disajikan dalam makalah yang terbit pekan ini di European Planetary Science Congress, Perancis. Ini bukan temuan air pertama di Mars. Planet tersebut selama ini diketahui memiliki air yang beku di kutub, atmoster yang tipis, dan ada genangan air kecil di permukaan yang muncul ketika malam hari.

Selain Green, pengumuman tentang adanya air mengalir di Mars itu disampaikan pejabat dan periset senior NASA. Yakni, ilmuwan senior Mars Exploration Program NASA Michael Meyer dan peneliti Georgia Institute of Technology, AS, Lujendra Ojha. Selain tiga pejabat itu, ada Ames Research Center NASA Mary Beth dan peneliti utama High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pesawat pengorbit Mars Alfred McEwen.

"Penemuan itu merupakan hasil analisis gambar yang terekam Mars Reconnaissance Rover,"  kata McEwen. Dia menambahkan, air asin yang mengalir ke lembah-lembah Mars itu menimbulkan jejak seperti coretan berwarna hitam yang kadang terlihat di beberapa bagian planet tersebut.

Bukan kali ini saja NASA merilis penemuan jejak air di permukaan Mars. Beberapa tahun terakhir, para ilmuwan NASA kian yakin bahwa air memang pernah mengalir di planet tetangga bumi tersebut.

Sumber : jpnn.com, cnnindonesia.com
Inilah Bukti NASA Temukan Air Asin di Planet Mars yang Memungkinkan Adanya Makhluk Hidup
Captured by cnnindonesia.com
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+