Simak, Kebijakan Baru BKN Terkait Pemberkasan NIP CPNS Lulusan PTS Bermasalah, Ditolak atau Turun Pangkat

Kabar pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi topik hangat dan update beberapa waktu belakangan ini. Seperti kita ketahui marak di internet berita seputar rekrutmen CPNS baik dari honorer maupun pelamar umum. Terkait hal ini, pemerintah telah mengeluarkan penjelasan resminya. Silakan baca : Ini Penjelasan KemenPAN-RB Terkait Beredarnya Info Lowongan CPNS Lengkap Bersama Kuota dan Formasinya

Kebijakan Baru BKN Terkait Pemberkasan NIP CPNS Lulusan PTS Bermasalah

Informasi terkini dari portal resmi berita nasional, jpnn.com bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang tidak akan memproses pemberkasan NIP CPNS dari lulusan perguruan tinggi swasta (PTS) bermasalah. Kebijakan ini keluar menyusul pernyataan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang melarang lulusan PTS bermasalah ikut tes CPNS.

"Karena larangan ini baru keluar tahun ini, maka proses rekrutmen tahun depan tidak akan diproses NIP-nya. Sedangkan yang sudah dikeluarkan NIP-nya, sesuai arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), pangkatnya diturunkan satu level," kata Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat, Kamis (8/10).

Mengantisipasi lulusan PTS yang masuk daftar hitam ikut seleksi CPNS, menurut Tumpak, kuncinya ada di masing-masing instansi. Saat‎ seleksi tahap pertama diserahkan kepada instansi masing-masing agar tidak menerima pelamar dengan ijazah dari PTS bermasalah tersebut. Lihat Daftar Ratusan PTS Bermasalah yang Dibekukan

‎"Kalau instansi kecolongan juga maka di internal BKN sudah menyiapkan petugas khusus di 15 kantor (14 Kanreg, satu pusat) untuk mencegah penggunaan ijazah tersebut untuk CPNS. Jika ditemukan, usulannya akan ditolak dengan kategori TMS (tidak memenuhi syarat)," terangnya.

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2015/10/08/331537/BKN-Tolak-Pemberkasan-NIP-CPNS-Lulusan-PTS-Bermasalah-
Kebijakan Baru BKN Terkait Pemberkasan NIP CPNS Lulusan PTS Bermasalah
Informasi CPNS Terbaru
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+