Solusi Kemdikbud Terkait Belum Maksimalnya Kualitas Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan

Kabar tidak seragamnya kualitas lembaga penyelenggara pendidikan kesetaraan, mendapat perhatian pemerintah. Pasalnya, banyak peserta program pendidikan kesetaraan tidak lulus ketika dites akhir lantaran kualitas lembaga penyelenggara serta tenaga pendidiknya di bawah standar. Baca juga Info Lowongan Kerja Terbaru dan Rekrutmen PT. Indonesia Power

"Ada beberapa hal yang harus dibenahi dalam layanan pendidikan kesetaraan. Ini agar lulusan yang dihasilkan punya kualitas baik," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Harris Iskandar, Senin (13/7).

Hal-hal yang harus dibenahi dalam layanan pendidikan kesetaraan antara lain:
  • Kelayakan lembaga penyelenggara pendidikan kesetaraan
  • Legalitas
  • Jumlah dan kualitas pendidik
  • Sistem pengelolaannya
  • Sarana dan prasarananya
Kemudian dari sisi pola manajemen, misalnya administrasi dokumen warga dan pendidik, serta dokumen pelaksanaan pembelajaran juga masih harus diperbaiki. Untuk mengatasi permasalahan itu, Kemendikbud tengah menyiapkan beberapa alternatif solusi.

Solusi Kemdikbud Terkait Belum Maksimalnya Kualitas Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan

Solusi yang akan dilakukan pemerintah antara lain melakukan pemetaan satuan pendidikan penyelenggara dan diusulkan memperoleh Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), melakukan pendataan peserta didik dan diusulkan memperoleh Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), melakukan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

"Kami berharap semua usaha tersebut dapat mendukung pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) serta rencana Program Wajib Belajar 12 Tahun," ucap Harris (http://www.jpnn.com/read/2015/07/13)


Solusi Kemdikbud Terkait Belum Maksimalnya Kualitas Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan
Pendidikan Kesetaraan
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+