Ternyata ini Penyebab Ijin 19 PTS di Jawa Timur Terancam Dicabut

Kabar ancaman pencabutan ijin 19 kampus swasta di Jawa Timur cukup meresahkan masyarakat terutama para civitas akademik yang aktif di perguruan tersebut. Sebagaimana diberitakan banyak media bahwa sebanyak 19 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur yang akan dinonaktifkan untuk melakukan pembenahan. Jika hingga Desember 2015 tidak memperbaiki diri, izin operasional belasan PTS itu dicabut. Lihat Daftar 19 Perguruan Tinggi Swasta yang Terancam Dicabut Ijinnya.

Menurut Suprapto selaku Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VII, ada beberapa penyebab yang membuat belasan kampus tersebut dinonaktifkan. Di antaranya, konflik dalam kampus yang tak kunjung selesai, rasio jumlah dosen dan mahasiswa yang tidak seimbang, tidak ada laporan yang harus diberikan secara periodik selama empat kali berturut-turut. Ada juga sekitar delapan kampus yang meminta dinonaktifkan sendiri dengan alasan mahasiswanya tinggal sedikit.

Dia menjelaskan, ke-19 PTS masih diberi waktu sampai 31 Desember 2015 untuk memperbaiki masalah masing-masing. Selama itu pula, PTS masih bisa membina mahasiswanya. Bila dalam waktu tersebut masalah masih berlarut-larut, Kopertis tidak akan segan mencabut izin PTS tersebut. Padahal, sembilan belas PTS yang diberi peringatan itu sebenarnya telah terakreditasi C.Sumber : http://www.jpnn.com/read/2015/06/05/307865/Inilah-19-Perguruan-Tinggi-Swasta-yang-Terancam-Dicabut-Izinnya
Baca juga Petunjuk Teknis (Juknis) Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2015
Mengomentari sedikit terkait berita di atas, sebagai insan pendidikan semestinya urusan internal harus diselesaikan secara kekeluargaan dan penuh tanggung jawab. Sehingga pemerintah dalam hal ini Kopertis tidak harus turun tangan, karena apabila ijin dicabut yang dirugikan bukan hanya pihak kampus tetapi ribuan mahasiswa yang studi di perguruan tinggi tersebut.

Penyebab 19 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur Terancam Ijinnya Dicabut.
Daftar 19 PTS yang Terancam Dinonaktifkan

Demikian berita tentang Penyebab 19 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur Terancam Ijinnya Dicabut. Semoga dapat menjadi renungan!
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+