PENTING!!! Cara Cek Ijazah Asli atau Palsu

Kabar marak beredarnya ijazah palsu akibat adanya sindikat Jual-Beli Ijazah yang baru-baru ini menghebohkan pendidikan Indonesia. Mirisnya lagi, sejumlah pejabat terlibat bahkan menggunakan ijazah palsu untuk masuk dunia kerja, kenaikan pangkat atau meraih kursi jabatan. Padahal, sanksi yang diterima bagi pelaku kejahatan jual beli ijazah cukup berat, tetapi mengapa masih saja ada yang berani mengedarkan ijazah palsu? Baca Ancaman Pidana bagi Pelaku Jual-Beli Ijazah Menurut UU.

Agar kita tidak menjadi korban menerima ijazah palsu yang biasanya dikeluarkan oleh kampus abal-abal, sehingga status sarjana kita dianggap ilegal, maka kita harus waspada dan teliti dalam memilih Perguruan Tinggi. Cara yang lain dapat kita gunakan adalah cek atau telusuri apakah ijazah yang dikeluarkan kampus bersangkutan Asli atau palsu.
Lihat info terkait DIKTI akan Tutup 18 Kampus ini Karena Terindikasi Praktik Jual Beli Ijazah.

Cara Mengetahui Ijazah Asli atau Palsu dengan Mudah dan Resmi Dikti

Perlu diketahui bahwa biodata dari pemilik Ijazah yang Asli akan tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Artinya, kita dapat mengetahui siapa saja nama dari pemilik ijazah yang ada di tangan seseorang. Berikut cara mengecek Ijazah S1 S2 S3 melalui jalur resmi:
  1. Kunjungi http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa
  2. Masukan nama perguruan Tinggi di tempat yang disediakan
  3. Masukan Nama atau NIM pada Kata Kunci
  4. Masukan kode pengaman (captcha) yang tertera pada kolom dibawahnya
  5. Klik Cari Mahasiswa, maka akan muncul biodata mahasiswa pemilik ijazah tersebut.
  6. Selesai
Cara Mengetahui Ijazah Asli atau Palsu dengan Mudah dan Resmi Dikti
Cara Cek Ijazah

Demikian Cara Mengecek Ijazah S1, S2 dan S3 Asli atau Palsu dengan Mudah dan Resmi dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Semoga bermanfaat!!!
Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+