Info Lengkap Seputar Syarat dan Tata Cara Mendaftar Guru Garis Depan (GGD)

Kabar yang masih hangat terkait Program Pemerintah dalam pemerataan pendidikan ke seluruh pelosok negeri, yakni Guru Garis Depan (GGD). Adanya progam Guru Garis Depan diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan prestasi pendidikan di seluruh wilayah indonesia. Baca juga Cara Masuk PNS Melalui Jalur GGD (Guru Garis Depan).

Seperti diberitakan berbagai media, Presiden Jokowi beberapa hari yang lalu melepas angkatan pertama Guru Garis Depan (GGD) berjumlah sebanyak 798 guru. Para guru yang juga berstatus CPNS ini disebar ke daerah 3T di Provinsi Aceh, NTT, Papua, dan Papua Barat dengan Gaji 8 Juta / bulan. Lihat infonya di Inilah Rincian Gaji Guru Garis Depan (GGD) yang Mencapai 8 Juta setiap bulan.

Tata Cara Mendaftar GGD (Guru Garis Depan)
Guru Garis Depan merupakan program pemerintah yang didukung oleh Kemristekdikti, Kemdikbud, dan KemenPANRB. Berawal tahun 2011 saat Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidkan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi menciptakan mekanisme pengawalan guru profesional melalui Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T).
Lihat juga Jadwal dan Syarat Pendaftaran SM3T
Sehingga untuk mendaftar Guru Garis Depan (GGD) harus melalui rangkaian SM-3T sebagai bagian dari Program Kemristekdikti dalam menyiapkan guru profesioanl lewat LPTK dan program profesi guru. Kemdikbud yang bertanggungjawab pada jenjang karir para guru tersebut akan terus berkontribusi dalam program pembinaan guru garis depan.

Syarat Mengikuti Program Guru Garis Depan (GGD)
  1. Harus Lulusan dari LPTK
  2. Mengikuti Seleksi Program SM-3T (administrasi, tes online, wawancara, prakondisi)
  3. Pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T (Terdepan, terluar dan tertinggal/pedalaman)
  4. Mengikuti program PPG Pasca SM-3T berasrama selama 1 tahun
  5. Lulus Tes UTL dan UTN (dibuktikan dengan sertifikat pendidik)
  6. Tes CPNS formasi khusus SM-3T
  7. Dinobatkan sebagai Guru Garis Depan/GGD

Inilah Informasi Lengkap Syarat dan Tata Cara Mendaftar GGD (Guru Garis Depan).

Semoga bermanfaat!!!

Inilah Informasi Lengkap Syarat dan Tata Cara Mendaftar GGD (Guru Garis Depan)
jpnn.com / Pelepasan GGD

Bagikan di WhatsApp, Twit, FB, G+